Ibadah Zakat Dalam Prinsip Musawah Merupakan Upaya Untuk. REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Faozan Amar (Direktur Al Wasath Institute dan Dosen Studi Islam UHAMKA). Adapun hikmah berzakat adalah; Pertama, menolong, membantu, membina dan membangun kaum dhuafa yang lemah secara materi, untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.
Kedua, memberantas penyakit iri hati, rasa benci dan dengki dalam diri manusia yang sering kali timbul manakala melihat orang-orang disekitarnya berkehidupan cukup, apalagi mewah. Ketiga, dapat mensucikan diri (pribadi) dari kotoran dosa, memurnikan jiwa, menumbuhkan akhlaq mulia menjadi murah hati, memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, mengikis sifat bakhil (kikir) dan serakah yang menjadi tabiat manusia. Di sini, zakat menjadi ibadah maaliyah yang mempunyai dimensi dan fungsi sosial ekonomi atau pemerataan karunia Allah. Akhirnya sesuai janji Allah, akan tercipta sebuah masyarakat yang baldatun thoyibatun wa rabbun ghafur. Jika kita memahami hikmah berzakat secara baik dan benar, tentu tidak ada alasan bagi para wajib zakat untuk menunda-nunda melaksanakan kewajibannya.
Al Anbiya: 25). Jenis-jenis Ibadah dalam Islam. Contohnya: sholat dan puasa.
Contohnya: ibadah haji. Ibadah dalam bentuk perbuatan yang tidak ditentukan bentuknya. Ibadah yang tata cara dan pelaksanaannya berbentuk menahan diri. Dalam kata lain, ibadah mahdhah adalah hubungan manusia dengan Tuhan atau hubungan secara vertikal.
Ibadah sholat, zakat, puasa, dan haji dinamakan ibadah mahdhah. Sedangkan ibadah ghairu mahdhah atau umum atau muamalah, merupakan segala perbuatan yang mendatangkan kebaikan dan dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah SWT.
Jiwa sosial dan kemanusiaan menjadi energi baru untuk membantu sesama manusia, lebih-lebih saat musibah pandemi Covid-19. Persamaan dalam Islam disebut alwusawa adalah sikap yang memandang seimbang, sejajar, sama rata antar sesama manusia.
Dalam konteks kehidupan bermasyarakat, persamaan merupakan prinsip untuk bersikap tidak diskriminatif terhadap sesama manusia apapun latarbelakangnya. Makna tersurat dan tersirat dalam ayat tersebut adalah penghargaan terhadap seseorang bukanlah di karenakan perbedaaan apapun latarbelakangnya, melaikan justru sejauhmana perbedaan itu dihargai.
Surat Al-Hujarat ayat 13 tersebut juga bermakna bahwa yang terbaik diantara manusia adalah ibadahnya kepada Allah. Prinsip persamaan dan tauhid tersebut dalam Islam disebut dengan konsep Ad-Ddharuriyyah Al-Khamsah yaitu perlindungan atas 5 (lima) hal terhadap manusia. Sikap etika persamaan, kemanusiaan dan ketauhidan yang meningkat di bulan suci Ramadhan ini harus terus dijaga sebagai manifestasi dari semangat membantu sesama manusia.
Dengan demikian seandainya orang-orang Yahudi tidak melakukan pengkhiatan, maka niscaya kota Madinah dapat dijadikan sebagai model negara yang menerapkan sikap toleransi umat Islam terhadap non muslim.