Wakaf Untuk Orang Tua Yang Masih Hidup. Wakaf sendiri merupakan amal perbuatan yang memisahkan harta bendanya untuk kepentingan umat. Wakaf sendiri sudah ada dan termasuk amalan yang dianjurkan oleh Nabi sejak dulu.
Allah SWT dan Rasul – Nya mewajibkan atas siapa saja untuk menyayangi orang tuanya. Saat itu ibunya meninggal dunia, dan ia sedang tidak berada ditempat , lalu ia datang kepada Rasulullah SAW dan bertanya “ Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal sedang saya tidak ada ditempat, apakah jika saya bersedekah untuknya bermanfaat baginya ?”.
Kemudian Sa’ad berkata : “Saksikanlah bahwa kebunku yang banyak buahnya aku sedekahkan untuknya“. Misal jika sahabat sedang punya rezeki lebih dan kalau memberikan berupa uang tunai kepada mereka tidak terlalu memerlukan maka memberikan hadiah wakaf adalah solusinya, karena pahalanya yang mengalir terus.
BincangSyariah.Com – Pada umumnya, menghadiahkan pahala sedekah dilakukan, terutama oleh masyarakat Indonesia, untuk orang tua yang sudah wafat. Begitu pula dengan menghadiahkan pahala bacaan al-Fatihah, surah Yasin, Tahlil dan lainnya, umumnya dilakukan untuk orang tua atau orang yang sudah wafat.
Namun bagaimana hukum menghadiahkan pahala sedekah, atau al-Fatihah dan lainnya, untuk orang tua yang masih hidup, apakah boleh? Dalam Islam, menghadiahkan pahala sedekah untuk orang tua yang masih hidup diperbolehkan, sebagaimana menghadiahkan pada orang tua yang sudah wafat. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Habib Abdurrahman dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin berikut;.
من عمل لنفسه ثم قال اللهم اجعل ثوابه لفلان وصل له الثواب سواء حيا أو ميتا. “Barangsiapa beramal untuk dirinya sendiri, kemudian mengucapkan, ‘Ya Allah, jadikan pahala amal ini untuk fulan (nama orang tertentu), maka pahala amal tersebut sampai padanya, baik dia masih hidup atau sudah meninggal.”. Di dalam kitab Irsyadul Ibad disebutkan bahwa Ibnu Umar telah berkata sebagai berikut;.
“Tidak ada masalah bagi kalian jika hendak bersedekah karena Allah dengan sedekah sunah untuk membagikan pahala sedekah tersebut pada kedua orang tuanya jika keduanya muslim. Disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Thabrani, bahwa Nabi Saw pernah bersabda;.
Rasulullah SAW bersabda, ”Seseorang apabila ingin bersedekah, hendaknya bersedekah atas nama kedua orang tuanya apabila mereka Muslim. Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban bagi semua anak. Sebab orang tua yang sudah merawat dan membimbing kita hingga dewasa. Terlebih kepada sosok ibu yang sudah rela melahirkan dan mengurus kita hingga menjadi anak yang tak kekurangan satu apapun. Orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi? Nabi Saw menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi Saw menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?
Imam Al-Qurthubi menjelaskan Hadits tersebut menunjukkan bahwa kecintaan dan kasih sayang terhadap seorang ibu, harus tiga kali lipat besarnya dibandingkan terhadap seorang ayah. Nabi Shalallaahu’alaihi wasallam menyebutkan, kata Ibu sebanyak tiga kali, sementara kata ayah hanya satu kali.
Realitasnya, karena Ibu mengalami kesulitan dalam menghadapi masa hamil, kesulitan ketika melahirkan, dan kesulitan pada saat menyusui dan merawat anak, hanya dialami oleh seorang ibu. Dengan demikian, berkat peran Ibu, pengorbanannya, maka sebagai anak wajib berbakti kepada orang tua, terlebih kepada seorang Ibu, wajib menyayanginya sampai akhir hayat.
Definisi hibah, menurut Pasal 171 huruf g Kompilasi Hukum Islam (“KHI”), adalah pemberian suatu benda secara sukarela dan tanpa imbalan dari seseorang kepada orang lain yang masih hidup untuk dimiliki. “Samakanlah pemberian yang kamu lakukan terhadap anak-anakmu; dan sekiranya hendak melebihkan, maka hendaklah kelebihan itu diberikan kepada anak perempuan.”.
Di sisi lain, Anda tidak menjelaskan apakah hibah rumah tersebut dilakukan sesuai prosedur yang semestinya. “Peralihan hak atas tanah dan hak milik atas satuan rumah susun melalui jual beli, tukar menukar, hibah, pemasukan dalam perusahaan dan perbuatan hukum pemindahan hak lainnya, kecuali pemindahan hak melalui lelang hanya dapat didaftarkan jika dibuktikan dengan akta yang dibuat oleh PPAT yang berwenang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku”.
“Penghibahan adalah suatu persetujuan dengan mana seorang penghibah menyerahkan suatu barang secara cuma-cuma, tanpa dapat menariknya kembali, untuk kepentingan seseorang yang menerima penyerahan barang itu. Hal ini berdasarkan ketentuan dalam Pasal 176 KHI yang menyatakan sebagai berikut :. Jika keinginan kedua saudara perempuan Anda tersebut berkaitan dengan hibah yang telah diterima dari ayah Anda, maka kita dapat merujuk pada ketentuan Pasal 211 KHI yang menyatakan bahwa hibah dari orang tua kepada anaknya dapat diperhitungkan sebagai warisan.
Penjelasan mengenai Pasal 211 KHI, berikut kami kutip uraian Drs. Ketua PA Rangkasbitung) dalam tulisannya berjudul Hibah, Fungsi dan Korelasinya dengan Kewarisan (diunduh dari www.badilag.net):.
Tetapi apabila ada sebagian ahli waris yang mempersoalkan hibah yang diberikan kepada sebagian ahli waris lainnya, maka hibah tersebut dapat diperhitungkan sebagai harta warisan, dengan cara mengkalkulasikan hibah yang sudah diterima dengan porsi warisan yang seharusnya diterima, apabila hibah yang sudah diterima masih kurang dari porsi warisan maka tinggal menambah kekurangannya, dan kalau melebihi dari porsi warisan maka kelebihan hibah tersebut dapat ditarik kembali untuk diserahkan kepada ahli waris yang kekurangan dari porsinya.”.
Dalam hal pewaris atau orang tua masih hidup, dapat dilakukan suatu pembagian harta warisan dengan cara pembuatan hibah wasiat. dalam bukunya yang berjudul Kiat-kiat Cerdas, Mudah, dan Bijak Mengatasi Masalah Hukum Pertanahan (hal.
Mungkin yang Anda maksudkan adalah pembuatan surat hibah wasiat karena pembagian warisan ingin dibuat pada saat orang tua masih hidup. - Wasiat Olografis, ditulis tangan dan ditandatangani oleh pewaris sendiri kemudian dititipkan kepada notaris (lihat Pasal 932-937 KUHPerdata);. - Surat wasiat rahasia atau tertutup pada saat penyerahannya, pewaris harus menandatangani penetapan-penetapannya, baik jika dia sendiri yang menulisnya ataupun jika ia menyuruh orang lain menulisnya; kertas yang memuat penetapan-penetapannya, atau kertas yang dipakai untuk sampul, bila digunakan sampul, harus tertutup dan disegel (lihat Pasal 940 KUHPerdata). Dalam hal pembuatan surat wasiat, perlu adanya saksi dengan ketentuan sebagai berikut:. - Pada pembuatan surat wasiat dengan akta umum dibutuhkan dua orang saksi . Mengenai harta bersama, suami atau isteri dapat bertindak atas persetujuan kedua belah pihak” ();.
Untuk itu penting setiap orang Muslim memahmi ketika harta akan dibagi memalui waris, hibah dan wasiat. "Caranya adalah dengan mempelajari definisi dari istilah-istilah tersebut," katanya dalam buku "Perbedaan Antara Hibah, Wasiat & Waris".
Hibah adalah pemberian sesuatu dari seseorang kepada orang lain dan diserahkan kepemilikannya secara langsung ketika dia masih hidup dengan niat sadaqah. "Hibah secara istilah syar’i adalah akad kepemilikan suatu benda dengan tanpa imbalan dan diserahkan semasa masih hidup sebagai bentuk sadaqah tathawwum.". Jadi pada intinya hibah adalah pemberian sesuatu yang dilakukan oleh si pemilik harta sebelum meninggal dunia.
Nah, Harta yang sudah dihibahkan itu secara otomatis kepemilikan hartanya langsung berpindah ke tangan si penerima. Wasiat adalah pemberian sesuatu dari seseorang kepada orang lain ketika dia masih hidup dengan niat sadaqah. "Wasiat secara istilah syar’i adalah akad tabarru’ atas hak kepemilikan harta yang diserahkan setelah meninggal dunia.". Dan juga tidak perlu ada izin atau wasiat dari almarhum sang pemilik harta.