Tata Cara Pengaturan Shaf Dalam Shalat Berjamaah. Pertanyaan baru di B. Arab. penyembelihan membaca basmallah dan shalawat ketika menyembelih Alasannya?
membuat teks perkenalan,mengandung nama,alamat,kelas,hobi dan alasan memilih hobi tersebut.dalam bahasa arabnama:afifalamat:wuryant … orokelas:8A2hobi:voli. kak tolongin dong besok udh harus di kumpulkan.
Apa yang dilakukan oleh kaum musyrik Quraisy untuk mencelakakan nabi Muhammad Saw.
Pertanyaan baru di B. Arab. penyembelihan membaca basmallah dan shalawat ketika menyembelih Alasannya? .
tolong kak plisss. membuat teks perkenalan,mengandung nama,alamat,kelas,hobi dan alasan memilih hobi tersebut.dalam bahasa arabnama:afifalamat:wuryant … orokelas:8A2hobi:voli. kak tolongin dong besok udh harus di kumpulkan.
Apa yang dilakukan oleh kaum musyrik Quraisy untuk mencelakakan nabi Muhammad Saw.
Adab-Akhlak,207,Akhirat,20,Akhwat,109,Anak Muda dan Salaf,41,Anti Teroris,2,Aqidah,290,Arab Saudi,16,Asma wa Shifat,2,Audio,51,Audio Singkat,7,Bantahan,109,Bid'ah,58,Biografi,68,Cerita,47,Cinta,9,Dakwah,31,Doa Dzikir,54,Ebook,13,Fadhilah,63,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,324,Ghaib,16,Hadits,160,Haji-Umroh,11,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,85,Inspiratif,40,IT,11,Janaiz,6,Kata Mutiara,136,Keluarga,199,Khawarij,22,Khutbah,4,Kisah,243,Kitab,3,Kontemporer,146,Manhaj,169,Muamalah,45,Nabi,17,Nasehat,566,Poster,7,Puasa,55,Qurban,20,Ramadhan,48,Rekaman,2,Remaja,139,Renungan,70,Ringkasan,107,Sahabat,54,Sehat,26,Sejarah,44,Serial,3,Shalat,152,Syiah,28,Syirik,12,Tafsir,41,Tanya Jawab,589,Tauhid,49,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,18,Thaharah,20,Thalabul Ilmi,119,Tweet Ulama,6,Ulama,59,Ustadz Menjawab,16,Video,12,Zakat,10, ltr item Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Kajian Fiqh: Pengaturan Shaf Sholat Berjamaah Kajian Fiqh: Pengaturan Shaf Sholat Berjamaah Kajian Fiqh: Pembahasan/Ringkasan Pengaturan Shaf dalam Sholat Berjamaah http://2.bp.blogspot.com/-nAEK14ymDX4/VfrJUTGcguI/AAAAAAAAD-0/AEb7Gw6SxAw/s320/Kajian%2BFiqh%2BPengaturan%2BShaf%2BSholat%2BBerjamaah.jpg http://2.bp.blogspot.com/-nAEK14ymDX4/VfrJUTGcguI/AAAAAAAAD-0/AEb7Gw6SxAw/s72-c/Kajian%2BFiqh%2BPengaturan%2BShaf%2BSholat%2BBerjamaah.jpg Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy https://www.atsar.id/2015/09/kajian-fiqh-pengaturan-shaf-sholat.html https://www.atsar.id/ https://www.atsar.id/ https://www.atsar.id/2015/09/kajian-fiqh-pengaturan-shaf-sholat.html 5378972177409243253 UTF-8. Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy.
Dalam menggapai kesempurnaan, pelaksanaan shalat berjamaah harus sesuai dengan berbagai ketentuan yang telah ditetapkan oleh syara’. Berdasarkan ketentuan di atas, sebaiknya anak kecil tidak menempati shaf-shaf awal selama masih ada laki-laki dewasa yang akan menempatinya.
Ketentuan tidak bolehnya anak kecil menempati shaf paling depan dalam penjelasan di atas mengecualikan ketika anak kecil memang datang terlebih dahulu dibandingkan dengan orang-orang yang telah baligh, maka dalam hal ini anak kecil diperkenankan untuk menempati shaf depan, dan tidak perlu disingkirkan pada shaf di belakangnya, sebab mereka masih dianggap satu jenis dengan laki-laki yang telah baligh. ـ (ويقف) ندبا فيما إذا تعددت أصناف المأمومين (خلفه الرجال) صفا (ثم) بعد الرجال إن كمل صفهم (الصبيان) صفا ثانيا وان تميزوا عن البالغين بعلم ونحوه هذا (إن لم يسبقوا) أي الصبيان (إلى الصف الأول فان سبقوا) إليه (فهم أحق به) من الرجال فلا ينحون عنه لهم لأنهم من الجنس بخلاف الخناثى والنساء ثم بعد الصبيان وان لم يكمل صفهم الخناثى. ـ (ثم بعدهم وان لم يكمل صفهم النساء) للخبر الصحيح ليلينى منكم أولوا الاحلام والنهى اى البالغون العاقلون ثم الذين يلونهم ثلاثا ومتى خولفا لترتيب المذكور كره وكذا كل مندوب يتعلق بالموقف فإنه يكره مخالفته وتفوت به فضيلة الجماعة كما قدمته فى كثير من ذلك.
Yakni, sekiranya anak kecil itu shalat berada jauh dari pengawasan mereka maka ia akan berpotensi ramai sendiri atau mengganggu ( tasywis ) terhadap jamaah lain. Lebih maslahat lagi ketika orang tua dari dua anak kecil dari kategori di atas agar mengalah untuk menempati posisi shaf di belakang laki-aki dewasa, dengan begitu ia dapat mengontrol anaknya sekaligus menjalankan anjuran penempatan shaf bagi anak kecil secara benar.
BincangSyariah.Com – Sebagaimana pengaturan shaf salam shalat jamaah pada umumnya, shaf dalam shalat jenazah juga disunnahkan agar diluruskan dan dirapikan. Artinya: ‘Barangsiapa yang dishalatkan tiga shaf, maka dia wajib (mendapatkan surga) ‘.
Dengan demikian, dalam setiap pelaksanaan shalat jenazah, selama masih memungkinkan untuk menjadikan jamaah sebanyak tiga shaf, hendaknya tidak dibuat kurang dari itu. Jika jumlah makmum lebih dari enam orang, maka jamaah dapat disusun menjadi tiga shaf.
Seandainya jumlah jamaah kurang dari itu, maka dalam hal ini perlu diperhatikan bagaimana hukumnya jika jamaah shalat jenazah dibuat menjadi tiga shaf, tetapi ada barisan shaf yang hanya terdiri dari satu orang. (Baca: Hukum Melepas Ikatan Kain Kafan Jenazah). إنّ بعض العلماء كره أن يكون الوحد صفّا, كما كرهوا إذا كانوا ثلاثة أن يجعل ثلاثة صفوف بحيث يكون كلّ صف رجلا واحدا.
Artinya: sebagian ulama memakruhkan jika satu orang dijadikan satu shaf, sama halnya jika jumlah makmum hanya tiga orang dan mereka dibuat menjadi tiga shaf, jadi satu shaf hanya terdiri dari satu orang. Untuk dapat mempraktekkan seperti ini, maka minimal jumlah makmum adalah enam orang. Seandainya kurang dari itu, misalnya lima atau empat orang, maka jumlah shaf dibuat menjadi dua agar tidak ada shaf yang hanya terdiri dari satu orang saja.