Syarat Syah Mendirikan Shalat Jumat Paling Sedikit Jumlah Jamaahnya Adalah. ‘’Ulama Hanafiyah mensyaratkan sahnya sholat Jumat adalah tiga orang jamaah, selain iman,’’ ungkap fatwa Muhammadiyah itu. Menurut Mazhab Hanafiyah, meski yang mendengarkan khutbah Jumat hanya seorang saja dan saat melangsungkan sholat, makmum berjumlah tiga orang adalah sah.
Mazhab ini berpendapat, seluruh anggota jamaah sholat Jumat itu haruslah orang-orang yang berkewajiban melakukannya. Jabir mengungkapkan bahwa berdasarkan sunah yang telah berjalan, kalaau terdapat 40 orang atau lebih, dirikanlah sholat Jumat. Ada pula riwayat Ka’ab bin Malik yang menyatakan bahwa sholat Jumat pertama di Baqi dikerjakan 40 orang. ‘’Yang jelas bahwa sholat Jumat itu sebagaimana disepakati ulama harus dilakukan secara berjamaah,’’ ungkap Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.
‘’Mengenai batas minimum tak disebutkan dalam hadis, sehingga melangsungkan sholat Jumat tidak dibatasi jumlah minimal dan maksimalnya, yang penting berjamaah,’’ demikian fatwa ulama Muhammadiyah untuk menjawab pertanyaan yang kerap bergulir di kalangan umat. Dalam fatwanya, ulama NU menyatakan, jika jumlah jamaah pada sebuah desa kurang dari 40 orang, maka mereka boleh bertaklid kepada Abu Hanifah. Tetapi lebih utama supaya bertaklid kepada Imam Muzan dari golongan Mazhab Syafi’I,’’ demikian kesepakatan ulama NU terkait masalah jumlah minimal jamaah sholat Jumat.
JAKARTA, iNews.id - Shalat Jumat merupakan kewajiban bagi tiap Muslim khususnya laki-laki yang sudah baligh dan berakal. Sebelum mengerjakan kewajiban itu, perlu mengetahui syarat sah shalat Jumat agar ibadah yang dijalankan tidak sia-sia.
Ustaz Ahmad Sarwat MA dalam bukunya "Hukum-hukum terkait Shalat Jumat" terbitan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan, ada beberapa syarat sah dan syarat wajib dalam shalat Jumat. Bila waktu sudah masuk, maka shalat Jumat hukumnya wajib dan sah untuk dikerjakan. Shalat Jumat harus ada khutbah yang terdiri setidaknya dari dua khutbah dengan jeda duduk di antara keduanya.
Khutbah Jumat itu terdiri atas dua bagian. Yaitu khutbah pertama dan khutbah kedua, di mana keduanya dipisahkan dengan duduk di antara dua khurbah.
Simak penjelasan menurut Imam Safii terkait syarat sahnya sholat Jumat sebagaimana dilansir Kendalku dari buku Risalah Tuntunan Shalat Lenglkap karya Drs. Pernyataan ini dikemukakan oleh Imam Syafi'i berdasarkan hadis dari Abu Dawud yang dengan arti sebagai berikut:.
Mkaa saya bertanya kepadanya: 'Apabila mendengar adzan mengapa ayah mendoakan untuk As'ad bin Zararah?'. Menjawab ayahnya: 'karena dialah orang yang pertama kali mengumpulkan kita untuk shalat Jumat di Desa Hazmin Nab it.'. syarat 40 Berdasarkan penjelasan di atas secara jelas bahwa shalat Jumat orang itu menurut mazhab Imam Syafi'i.
Syarat sah shalat Jumat berikutnya yakni dilakukan secara berjamaah. Ada perbedaan di kalangan ulama mengenai jumlah jamaah shalat Jumat. Kalangan Mazhab Asy-Syafi'iyah dan Al-Hanabilah menyaratkan bahwa sebuah shalat jumat itu tidak sah kecuali dihadiri oleh minimal 40 orang yang ikut shalat dan khutbah dari awal sampai akhirnya. Dalil tentang jumlah yang harus 40 orang itu berdasarkan hadits Rasulullah SAW :.
Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW shalat Jum’at di Madinah dengan jumlah peserta 40 orang atau lebih. Sedangkan Al-Hanafiyah mengatakan bahwa jumlah minimal untuk sahnya shalat jumat adalah tiga orang selain imam.
Dalam beberapa literaturfiqih mazhab ini, memang ada ketentuan demikian. Namun perlu diperhatikan bahwa ketentuan ini tetap ada pengecualiannya.
Pengecualiannya adalah bila di satu masjid sudah penuh dan tidak lagi menampung jamaah, maka dibolehkan dibuat lagi jamaah shalat Jumat di dekatnya. Dengan demikian, adanya dua masjid yang berdekatan yang keduanya sama-sama menyelenggarakan shalat Jumat sangat dimungkinkan, selama masjid-masjid itu tidak mampu lagi menampung jamaah.
adalah sebutan bagi sekelompok jamaah yang dipimpin seorang imam saat sholat bersama. Saat sholat berjamaah, bacaan dan gerakan seorang makmum tidak boleh mendahului imam.
Secara bahasa, kata al-jama'ah sering disamakan dengan al-thaifah yang berarti kelompok kecil atau dalam jumlah sedikit. Semoga tiap muslim selalu mendapatkan kesempatan sholat berjamaah, sebagai imam atau makmum.
Simak Video "Momen Massa Buruh Gelar Salat Jumat di Depan Gedung DPR".
Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah minimal jamaah yang menjadikannya sah. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para ulama bersepakat dengan menyatakan bahwa pelaksanaan Sholat Jum’at harus dilakukan secara berjamaah. Namun, para ulama berbeda pendapat tentang jumlah minimal jamaah yang menjadikannya sah. Quraish Shihab Menjawab”, Mazhab Syafi’i mensyaratkan sholat Jum’at harus diikuti oleh 40 orang lelaki yang bertempat tinggal tetap di kota tempat itu dilaksanakan. Bahkan, menurut M. Quraish Shihab, ada yang hanya mensyaratkan pelaksanaan sholat tersebut berjamaah, sehingga boleh dikerjakan oleh dua atau tiga orang saja. Akan tetapi, kata dia, ada juga yang membenarkan tempatnya bebas asal tujuannya karena ibadah kepada Allah Swt, tetapi bukan dengan tujuan pendidikan dalam arti mengajar sholat di sekolah.
Sedangkan bacaan imam yang kurang fasih dapat ditoleransi sepanjang bacaannya tidak merusak makna.
"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah Swt..." (QS. Yusuf menyampaikan tentang syarat syarat sah shalat jumat pada acara pengajian rutin pekanan yang dilaksanakan di Ruang Aula Rumah Sakit Syarif Hidayatullah pada hari Kamis, 1 Desember 2016 dan dihadiri oleh para pegawai RSSH.
Harus dilakukan secara berjamaah, karena shalat jum'at adalah bermakna banyak orang. Mendapat izin khalayak ramai yang menyebabkan shalat jumat masyhur atau tersiar.
Hal ini sulit tercapai jika beberapa jama'ah shalat jumat di suatu negeri tanpa ada hajat. terbilangnya jamaah shalat Jum'at di suatu negeri (kampung) besar atau kecil kecuali jika ada hajat. Yusuf semoga dengan adanya kegiatan ini para pegawai Rumah Sakit Syarif Hidayatullah mendapatkan ketenangan jiwa dan dapat menambah pengetahuan.
Burhan membeli pigora untuk memajang sertifikatnya sebagai peserta olimpiade matematika. ukuran sertifikat yang akan dipajang yakni 21 cm × 30 cm. jik … a ukuran lebar bingkai bordir bagian kiri, kanan, atas, dan bawah sama dengan 3 cm, maka berapakah ukuran pigora (pigora terdiri dari bagian bingkai putih dan bingkai bordir) yang dibeli oleh burhan jika ukuran sertifikat dan pigora sebangun?
*.