Sholat Qobliyah Dan Ba'diyah Di Rumah. واستدل به على أن فعل النوافل الليلية في البيوت أفضل من المسجد بخلاف رواتب النهار. Shalat adalah salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Begitu seterusnya hingga iqamah tak kunjung berkumandang.Melihat problem ini, shalat sunah memang dianjurkan. Namun, apakah bisa dilakukan di rumah saja?Dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi dijelaskan bahwa Rasul pernah meminta para sahabat untuk mengerjakan shalat sunah setelah maghrib (ba’diyah maghrib) di rumah.Artinya, “Dari Said bin Ishaq bin Kaab bin ‘Ujrah dari ayahnya dari kakeknya berkata bahwa ketika Rasulullah selesai melakukan shalat maghrib di masjid Bani Abdil Ashal, beberapa orang kemudian melakukan shalat sunah. Kemudian Rasul Saw bersabda, ‘Lakukanlah shalat ini di rumah-rumah kalian,’ (Lihat Abu Isa At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzi, [Beirut: Darul Gharb Al-Islami, 1998), juz I, halaman 742).Hadits tersebut dimasukkan At-Tirmidzi dalam bab “” (Bab yang menjelaskan keutamaan shalat ba‘diyah maghrib di rumah). Selain itu, shalat sunah di rumah juga dapat memberikan kemakmuran dari berkahnya makanan sehari-hari,” (Lihat Abu Thib Muhammad Syamsul Haq Al-Azhim Abadi,, [Madinah: Al-Maktabatus Salafiyah, 1968], juz IV, halaman 184).Namun, tidak semua shalat sunah dianjurkan untuk dilakukan di rumah.

Ulama sepakat, tidak makruh,” (Lihat Abu Thib Muhammad Syamsul Haq Al-Azhim Abadi, Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abi Dawud], juz IV, halaman 184).. (.

Fatwa Ulama: Memisahkan Shalat Sunnah Dan Shalat Wajib Dan

Sholat Qobliyah Dan Ba'diyah Di Rumah. Fatwa Ulama: Memisahkan Shalat Sunnah Dan Shalat Wajib Dan

Maka ketika aku masuk dan menemuinya, Muawiyah berkata, “Jangan kau ulangi lagi perbuatanmu. “Tidak mampukah salah seorang diantara kalian bila selesai shalat ia berpindah ke depan, belakang, kanan, atau kirinya”. Seperti itu pulalah dibedakan antara shalat Jumat yang Allah wajibkan dengan selainnya” –selesai nukilan dari Ibn Taimiyyah.

Karena tempat-tempat tersebut kelak akan menjadi saksi di hari kiamat, sebagaimana telah berlalu penjelasan dari Imam Nawawi. “Tidak mampukah salah seorang diantara kalian apabila hendak shalat sunnah, berpindah ke depan, belakang, kanan, atau kirinya” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibn Majah). Yaitu akan dikabarkan berbagai amal yang dikerjakan di atasnya, dan disebutkan pula dalam tafsir firman Allah Ta’ala,. Apabila tidak berpindah maka dianjurkan untuk memisah dengan perkataan, berdasarkan hadits larangan untuk menyambung shalat dengan shalat lain hingga berbicara atau keluar dari tempat tersebut yang dikeluarkan oleh Imam Muslim dan Imam Abu Dawud –selesai nukilan dari Nailul Authar.

Sebagian ulama berpendapat bahwa hukum berpindah tempat adalah terlarang, karena dhaif-nya hadits yang menjadi dalil hal tersebut. كان ابن عمر يصلي في مكانه الذي صلى فيه الفريضة وفعله القاسم.

Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah, Seberapa Penting

Sholat Qobliyah Dan Ba'diyah Di Rumah. Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah, Seberapa Penting

Mungkin redaksinya seperti ini, “lo.. kok kalian ada di neraka saqor, kenapa nih?” Lalu mereka dengan jujur menjawab “Karena kami dulunya bukan bagian dari mereka yang rajin melaksanakan sholat” Dialog semacam ini direkam oleh al-Qur’an dalam suarat al-Muddassir ayat: 42 sampai seterusnya. Ini perkara ghoib, janganlah kiranya terlalu yakin bahwa sholat-sholat itu sudah diterima, namun buatlah jiwa ini selalu merasa takut, ‘jangan-jangan’ sholat-sholat tidak diterima, sehingga dari sini akan muncul kehati-hatian bagi kita ketika melaksanakan sholat berikutnya.

Jika pemain sepak bola saja sangat membutuhkan pemanasan, agar bisa bermain lebih kuat dalam pertandingan, maka ini juga berlaku untuk sholat. Inilah 10 raka’at yang sangat dianjurkan versi sebagian besar ulama’, mereka melandaskan hal ini atas hadits Ibnu Umar:. Bukhari) Akan tetapi Imam Abu Hanifah menambahkan bahwa sholat sebelum zuhur itu 4 rekaat, sehingga menjadi 12 reka’at, bukan 10 raka’at. Sholat sunnah yang sifatnya biasa-biasa saja (bukan sunnah muakkadah) Seperti dua atau empat reka’at sebelum sholat ashar, berdasarkan hadits: Allah SWT menyayangi seseorang yang shalat empat rakaat sebelum shalat Ashar. 838) Semua ada dalilnya, namun para ulama’ mengatakan bahwa dalil-dalil itu bersifat biasa-biasa saja, berbeda dengan kekuatan dalil untuk 10/12 reka’at yang diatas tadi. Tentunya kebiasan ini bukan tanpa alasan, karena memang ada tuntunannya, yang kedepan manfa’atnya juga akan sangat baik bagi pelakunya.

4 Keutamaan Shalat Qobliyah dan Ba'diyah, Salah Satunya

Sholat Qobliyah Dan Ba'diyah Di Rumah. 4 Keutamaan Shalat Qobliyah dan Ba'diyah, Salah Satunya

Sayangnya belum banyak orang yang mengetahui keutamaan dari shalat sunnah tersebut. Karena itulah sebaiknya Anda menjalankan sholat sunnah Qobliyah dan Ba'diyah demi mendapatkan pahala yang banyak.

Karena itulah mengerjakan shalat Qobliyah dan Ba'diyah menjadi sholat sunnah yang dianjurkan. Memperbanyak shalat sunnah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan seorang hamba.

Dengan sholat sunnah, seorang hamba bisa mendapatkan derajat yang tinggi surga kelak. Dalam sebuah hadist Riwayat dari Ibnu Majah dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “ketahuilah sebaik-baik amalan untuk kalian adalah shalat.”. Adapun kekurangan dalam shalat fardhu memang sesuatu yang umum terjadi.

Sebab itulah shalat sunnah seperti Qobliyah dan Ba'diyah disyariatkan bagi umat islam. Akan tetapi Anda perlu melakukan sholat sunnah sesuai yang sudah disyariatkan.

Anjuran Melakukan Shalat Sunah Rawatib di Rumah

Sholat Qobliyah Dan Ba'diyah Di Rumah. Anjuran Melakukan Shalat Sunah Rawatib di Rumah

Salah satu dalil yang menunjukkan kesunahan melakukan shalat rawatib di rumah adalah hadis Diriwayatkan oleh Abu Dawud berikut ini. Namun meski anjuran lebih baik shalat rawatib di rumah, bukan berarti melakukannya di masjid itu menjadi makruh hanya saja bertolak belakang dengan yang lebih dianjurkan syariat.

Keutamaan shalat sunah rawatib ini disebabkan shalat di rumah lebih tersembunyi sehingga menjauhkan seseorang dari sikap riya dan lebih menunjukkan keikhlasan dalam mengerjakan ibadah yang tidak diwajibkan. Sebab, rumah yang tidak pernah atau jarang dilakukan shalat di dalamnya diibaratkan seperti kuburan oleh Rasulullah Saw. sebagaimana dalam Shahih Bukhari dan Muslim yang diriwayatkan dari sahabat Ibnu Umar ra. bersabda, “Jadikanlah Rumah-rumah Kalian Sebagai tempat Shalat, dan jangan di buat Kuburan,” (HR.

Imam Nawawi mengatakan bahwa yang dimaksudkan dalam hadis ini adalah shalat rawatib. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim lainnya berikut ini:.

Karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan dalam rumahnya melalui shalatnya” (HR. Memang melakukan banyak aktivitas ibadah sunah seperti shalat rawatib, berdzikir dan lainnya dapat membuat rumah yang kita tempati senantiasa dinaungi kebaikan dan keberkahan, karena itulah Rasulullah sangat menganjurkannya.

Shalat Sunnah Rawatib Bagi Perempuan, Lebih Utama di Masjid

Sholat Qobliyah Dan Ba'diyah Di Rumah. Shalat Sunnah Rawatib Bagi Perempuan, Lebih Utama di Masjid

BincangMuslimah.Com – Termasuk salah satu sarana (Wasilah) untuk mendekatkan diri (Taqarrub) kepada Allah adalah menunaikan ibadah shalat. Abul Ala’ Al-Mubarakfuri dalam kitabnya Tuhfatul Ahwadzi fi Syarhi Sunan At-Turmudzi mengutip hadits Ibnu Umar mengenai shalat-shalat yang dilakukan Rasulullah di rumah. Rasulullah secara khusus melakukan shalat sunnah malam di rumah, bedahalnya dengan sunah Rawatib yang dilakukan pada siang hari. واستدل به على أن فعل النوافل الليلية في البيوت أفضل من المسجد بخلاف رواتب النهار.

Namun, terdapat riwayat lain yang menjelaskan perihal keutamaan melakukan shalat sunnah secara umum di rumah. Rasulullah pun mengingatkan kita agar tidak menjadikan rumah seperti kuburan yang tak pernah digunakan untuk shalat.

Perihal Fadlilah (keutamaan) shalat sunnah di rumah ini juga dijelaskan oleh Imam Abu Thib Muhammad Syamsul Haq Al-Azhim Abadi dalam karyanya ‘Aunul Ma’bud, bahwa shalat sunnah di rumah menjaga diri dari sikap Riya’. Lebih utama shalat sunnah di rumah karena menjauhkan dari sifat Riya’ dan mendekatkan pada keikhlasan kepada Allah. Alakullihaal, untuk menjaga rumah agar tidak sepi seperti kuburan dan memberikan kemakmuran atau keberkahan, maka seyogianya shalat Rawatib bagi perempuan dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah saja agar sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah.

Merutinkan Shalat Sunnah Rawatib

Sholat Qobliyah Dan Ba'diyah Di Rumah. Merutinkan Shalat Sunnah Rawatib

Seseorang dalam shalat lima waktunya seringkali mendapatkan kekurangan di sana-sini sebagaimana diisyaratkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah?

“Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 raka’at, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga.”. “Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersemangat melakukan shalat ini, sampai-sampai ketika safar pun beliau terus merutinkannya.

Related Posts

Leave a reply