Doa Shalat Jenazah Konsultasi Syariah. “Tidaklah seorang Muslim meninggal,lalu dishalatkan oleh kaum muslimin yang jumlahnya mencapai seratus orang, semuanya mendo’akan untuknya, niscaya mereka bisa memberikan syafa’at untuk si mayit” (HR. Pokok permasalahannya adalah pada perawi bernama Muhammad bin Ishaq Al Qurasyi yang merupakan seorang mudallis, dan dalam hadits ini ia melakukan ‘an’anah.

“Bahwasanya beliau biasa mengangkat kedua tangannya setiap kali takbir di shalat jenazah” (dishahihkan Ibnu Hajar dalam Talkhis Al Habir, 2/291). Tidaklah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam menyalatkan jenazah Suhail bin Baidha’ dan saudaranya (Sahl), kecuali di masjid” (HR Muslim no.

Yang lebih utama adalah diam sejenak dan tidak membaca apa-apa sebagaimana zhahir dalam hadits Abu Umamah radhiallahu’anhu.

Ringkasan Pengurusan Jenazah

Doa Shalat Jenazah Konsultasi Syariah. Ringkasan Pengurusan Jenazah

Adapun orang yang mati dalam keadaan ihram (sedang berumrah atau berhaji), jika dikafani, maka kepalanya tidak ditutup. Namun jika mayit disiram dengan sekali siraman saja ke seluruh badannya, maka itu sudah dikatakan sah.

Bagi yang memasukkan ke liang lahat hendaklah mengucapkan: Bismillah wa ‘alaa millati rosulillah (Dengan nama Allah dan di atas ajaran Rasulullah). Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh Tuasikal, Fans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoCom.

Bagi yang ingin melakukan pre order, kirimkan format pemesanan via sms ke no 0852 0017 1222 atau via PIN BB 2AF1727A: Buku Bid’ah#Nama#Alamat#no HP.

Panduan Shalat Jenazah

Doa Shalat Jenazah Konsultasi Syariah. Panduan Shalat Jenazah

ذكرنا أن مذهبنا أن صلاة الجنازة لا تصح إلا بطهارة، ومعناه إن تمكن من الوضوء لم تصح إلا به، وإن عجز تيمم، ولا يصح التيمم مع إمكان الماء وإن خاف فوت الوقت، وبه قال مالك وأحمد وأبو ثور وابن المنذر، وقال أبو حنيفة: يجوز التيمم لها مع وجود الماء إذا خاف فوتها إن اشتغل بالوضوء وحكاه ابن المنذر عن عطاء وسالم والزهري وعكرمة والنخعي وسعد بن إبراهيم ويحيى الأنصاري وربيعة والليث والثوري والأوزاعي وإسحاق وأصحاب الرأي وهي رواية عن أحمد. وأجمعت الامة على تحريم الصلاة بغير طهارة من ماء أو تراب ولا فرق بين الصلاة المفروضة والنافلة وسجود التلاوة والشكر وصلاة الجنازة الا ما حكى عن الشعبي ومحمد بن جرير الطبرى من قولهما تجوز صلاة الجنازة بغير طهارة وهذا مذهب باطل وأجمع العلماء على خلافه ولو صلى محدثا متعمدا بلا عذر أثم ولا يكفر عندنا وعند الجماهير وحكى عن أبي حنيفة رحمه الله تعالى أنه يكفر لتلاعبه. SalamSetelah doa pada takbir keempat, diakhiri dengan salam sbb:Teks latin: Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuhArtinya: Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semuaNiat yang lengkap (hukumnya sunnah):Teks latin: Ushalli ala hadzal mayyiti arba'a takbirotin fardhol kifayati lillahi ta'alaArtinya: Aku shalat untuk mayit ini empat takbir fardhu kifayah karena Allah TaalaTata cara salat ghaib pada dasarnya sama persis dengan salat jenazah yang hadir yaitu sama-sama dilakukan dengan berdiri saja dan takbirnya ada empat takbir.Yang sedikit berbeda adalah niatnya dan situasinya.1.

Mengangkat kedua telapak tangan sampai sebatas bahu, lalu meetakkannya di antara dada dan pusar pada setiap takbir.2. 5/223:Artinya: Kami sudah sebutkan bahwa menurut madzhab Syafi'i shalat janazah itu tidak sah kecuali dalam keadaan suci (dari hadas kecil dan besar). Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Atha, Salim, Ikrimah, Nakha'i, Saad bin Ibrahim, Yahya Al-Anshari, Rabiah, Laits, Al-Tsauri, Auzaki, Ishaq, dan Ahlur Ra'yi.

3/103, juga menyatakan:Artinya: Ulama sepakat haramnya shalat tanpa bersuci (dari hadas kecil dan besar) dengan air atau debu. Apabila seseorang shalat dalam keadaan hadas dengan sengaja tanpa udzur maka ia berdosa tapi tidak kufur menurut madzhab Syafi'i dan jumhur ulama.

Related Posts

Leave a reply