Bacaan Setelah Shalat Menurut Muhammadiyah. Dzikir. adalah dzikir yang disusun oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dzikir ini dianjurkan untuk diamalkan oleh umat.
setelah shalat lima waktu.
Pada pembahasan sebelumnya kami telah membagikan mengenai bacaan doa setelah sholat fardhu nahdlatul ulama. Seperti yang kita ketahui bahwa NU dan Muhammadiyah adalah dua kelompok agama Islam besar di Indonesia. Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin menuliskan bacaan doa setelah sholat menurut Muhammadiyah.
Pada kesempatan ini, doa yang kami tuliskan akan sangat lengkap, mulai dari tulisan bahasa Arab, teks latin, serta terjemahan Indonesia. Tak hanya itu, kami juga akan menuliskan keutamaan dari doa sesudah sholat versi Muhammadiyah ini.
Berikut adalah teks, lafadz, bacaan, doa sesudah sholat menurut Muhammadiyah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.
Berikut ini dzikir dan do'a yang dapat kita amalkan seusai melaksanakan shalat fardhu. Dan kekayaan itu tidak berguna bagi pemiliknya (untuk menyelamatkan diri) dari (siksa)Mu”. Dalam riwayat ibnu Numair,( ﻳَﺎ ﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﻠَﺎﻝِ ﻭَﺍﻟْﺈِﻛْﺮَﺍﻡِ ) Yaa dzal jalaali wal ikraam , juga dari abdul Harits bin ‘Abdis Shamad dari jalur ‘Aisyah menggunakan lafadz, Ya dzal jalaali wal ikraam ”.
Dan Ibnu Zubair mengatakan:”Adalah Rasulullah saw selalu mengucapkan laa ilaaha illaaha illallah disertai dengan lainnya setiap selesai melaksanakan shalat”. “Dari Mughirah bin Syu ﻁbah, bahwasanya Rasulullah saw, setiap selesai shalat membaca:” Laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-inqadiir, Allahumma laa maani’a limaa a’thaita , walaa mu’thiya limaa mana’ta, walaa yanfa’u dzal jaddi minkal jadd” . Dalam satu riwayat yang juga bersumber dari Sa’ad bin Abi Waqash Imam Bukhari dan beberapa perawi hadits lainnya meriwayatkan dengan tanpa kalimat ﺩُﺑُﺮَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ :. Kemudian ia berkata lagi:”Aku akan memberi pesan kepadamu, wahai mu’adz, setiap selesai shalat janganlah kamu tinggalkan mengucapkan Allahumma a’innii ‘alaa dzikrika wahusni ‘ibaadatik .
Ia berkata, lalu aku mendengar beliau mengucapkan “Rabbi qinii ‘adzaabaka yauma tab’atsu au tajma’u ‘ibaadak”. Dalam beberapa riwayat yang juga bersumber dari Mu’adz bin Jabbal tanpa kalimat ﺩُﺑُﺮِ ﻛُﻞِّ ﺻَﻠَﺎﺓٍ , akan tetapi ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ ﺻَﻠَﺎﺓٍ , lalu Ibnul Qayyim berpendapat bahwa do’a tersebut bisa dibaca dalam shalat dan setelah shalat (Zaadul Ma’ad). (lihat kitab Zaadul Ma’aad, karya Ibnul Qayyim Al Jauziyyah hal.
Tentang bacaan setelah 3 rakaat shalat witir, hal ini telah dibahas dalam Himpunan Putusan Tarjih (HPT) tentang Shalat Tathawwu’ dan dalam buku berjudul “Tuntunan Ramadlan” yang disusun oleh Majlis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah cetakan tahun 2012. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa setelah selesai shalat witir disunahkan berdzikir dengan suara nyaring sebagai berikut :.
Kemudian apabila telah selesai mengucapkan salam, beliau membaca“Subhanal malikil quddus” tiga kali.” [H.R. an-Nasa’i dalam Sunan an-Nasa’i no.1729, Kitab Qiyamu al-Lail wa tatawwu’u an-Nahar, Bab Nau’un Akharun min al-Qira’ati fi al-Witri].
Artinya: “Diriwayatkan dari Abdirrahman bin Abzari dari Nabi saw, sesungguhnya beliau melakukan shalat witir dengan membaca surat “Sabbihisma rabbikal a’la” (al-A’la), dan surat “Qul ya ayyuhal kafirun” (al-Kafirun) dan surat “Qul huwallahu ahad” (al-Ikhlas). Apabila telah selesai salam, Beliau membaca “Subhanal malikil quddus” tiga kali dengan meninggikan suaranya.
Apabila telah selesai salam, beliau membaca “Subhanal malikil quddus” tiga kali dengan memanjangkan suaranya pada (bacaan) yang ketiga. Semua pertanyaan dijawab oleh Tim Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.
Hal ini dapat kita lihat redaksi dalam Himpunan Putusan Tarjih (HPT) sebagai berikut :. adalah membaca taawwudz itu (sebagai yang tersebut dalam kitab Muhadzdzab). bahwa sebelum membaca al-Quran beliau berdoa:Au-dzu billa-hi minasy Syaitha-nir raji-m. (Tersebut dalam kitabNailul Authar juz II).
Mengingat hadis dari Nuaim al-Mujmir, katanya: Saya shalat di belakang Abu Hurairah ra. (HR oleh an-NasaI, Ibnu Khuzaimah, Siraj, Ibnu Hibban dan lainnya; tersebut dalam kitab al-Fath Juz II halaman 181, dengan katanya bahwa inilah hadis yang paling shah, tentang hal yang disebut). Setelah selesai beliau bersabda: Aku melihat kamu sama membaca di belakang imammu? Kata Ubadah, bahwa kita semua menjawab: Ya Rasulullah, demi Allah benar begitu! Maka sabda Nabi: Janganlah kamu mengerjakan demikian, kecuali bacaan Fatihah.
Diriwayatkan, Ibnu Abbas Shalat gerhana bulan di Bashroh mengimami penduduknya dan mengatakan bahwa beliau melihat Rasulullah ? “Dari Al-Mughiroh Bin Syu’bah beliau berkata; Matahari mengalami gerhana di hari wafatnya Ibrahim (putra Rasulullah ?). ?” (Jika kalian melihatnya) menunjukkan awal waktu karena pada saat terjadi gerhana, baru Shalat disyariatkan, sementara lafadz “?????? Demikian pula Samuroh, bisa difahami bahwa beliau berada di Shof bagian paling belakang sehingga tidak mendengar suara Nabi ?.
Selain Shalat, amalan lain yang disyariatkan saat terjadi gerhana adalah berdoa, dzikir, istighfar, shodaqoh, membebaskan budak dan semua amal-amal Taqorrub lainnya.
80% menganggap dokumen ini bermanfaat (10 suara). 80% (10) 80% menganggap dokumen ini bermanfaat (10 suara).
Simpan Simpan Bacaan Dzikir Setelah Sholat Sesuai Putusan Tarjih... Untuk Nanti. 80% 80% menganggap dokumen ini bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai bermanfaat.
20% 20% menganggap dokumen ini tidak bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai tidak bermanfaat. Tanamkan.
Bagikan.
Sebagaimana Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah juga memandang jika Sholat Tarawih merupakan ibadah yang sunnah dan sangat dianjurkan selama Ramadhan. Meski demikian, Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah berpendapat jika Shalat Tarawih dilakukan dengan sebelas rakaat. Artinya: “Dari Aisyah Ummul Mukminin r.a. (diriwayatkan), bahwasanya Rasulullah saw pada suatu malam shalat di masjid.
Pada malam ketiga atau keempat, para jamaah telah berkumpul, namun Rasulullah saw tidak keluar ke masjid menemui mereka. Ketika pagi tiba beliau berkata: “Aku sungguh telah meli-hat apa yang kalian lakukan (shalat tara-wih berjamaah). Artinya: “Dari Aisyah (diriwayatkan bahwa) ketika ia ditanya mengenai shalat Rasulullah saw di bulan Ramadhan.
Artinya: “Dari Zaid bin Khalid al-Juhany (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Benar-benar aku akan mengamati shalat Rasulullah saw. عن أبي بن كعب أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقرأ في الركعة الأولى مِنَ الْوِتْرِ بِـسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى ، وَفِيْ ِ الثَّانِيَةِ بِـقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ ، وَفِيْ الثَّالِثَةِ بِـقُلْ هُوَ اللهُ أَحَد، (رواه النسائي, والترمذي, و إبن ماجه).
Dengan amalan sholat tersebut akan membuat sahabat muslim semua, dimudahkan dalam menjalani hisab di akhirat kelak. Organisasi tersebut diprakarsai oleh Mbah Dahlan atau Muhammad Darwis, pada tanggal 18 November 1912 di Kauman Yogyakarta.
Sehingga tidak ada masalah bila sahabat muslim mau menggunakan bacaan sholat dari salah satu organisasi tersebut. Allahumma innii dzolamtu nafsii dzulman katsiiro, wa laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta faghfir lii maghfirotan min ‘indika warhamnii, innaka antal ghofuurur rohiim. Sikap tersebut dibuktikan dengan patuhnya setiap individu, terhadap semua aturan dan keputusan yang telah dibuat bersama melalui persyarikatan. Untuk bacaan sholatnya perlu sahabat muslim beri perhatian khusus, karena ada perbedaan dengan organisasi Islam lain.