Niat Puasa Ganti Ramadhan Sekaligus Puasa Arafah. Puasa Arafah dilakukan hari ke-9 di bulan Dzulhijjah. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Arafah adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim di bulan Dzulhijjah.
Puasa Arafah dilakukan hari ke-9 di bulan Dzulhijjah. Dikutip dari buku Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah karya Hanif Luthfi, puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan sehari sebelum hari Idul Adha, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah. Keistimewaan puasa Arafah ini diungkapkan dalam sebuah hadits berikut ini. Dari Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi SAW bersabda: "Puasa hari Arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR.
Muslim). Lalu bagaimana apabila puasa sunnah Arafah digabung dengan puasa qadha Ramadhan?
Sebagian orang memang menggabungkan puasa sunnah Arafah dengan niat qadha Ramadhan. Selain ingin mendapatkan dua pahala sekaligus karena biasanya banyak temannya untuk berpuasa.
JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Puasa Arafah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim pada hari ke-9 di bulan Dzulhijjah. Dikutip Republika dari buku Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah karya Hanif Luthfi, puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan sehari sebelum hari Idul Adha, tepatnya 9 Dzulhijjah. Dari Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi SAW bersabda: "Puasa hari Arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR. Sebagian orang memang menggabungkan puasa sunnah Arafah dengan niat qadha Ramadan.
Selain ingin mendapatkan dua pahala sekaligus karena biasanya banyak temannya untuk berpuasa. Berkenaan dengan boleh tidaknya menggabungkan puasa sunnah ini dan qadha' Ramadan yang wajib, ternyata masalah ini sudah jadi perbedaan sejak zaman sahabat Nabi. Ibnu Rajab al-Hanbali (w. 795 H) menuturkan: "Umar dan Ali berbeda pendapat tentang masalah qadha' puasa Ramadhan dilakukan pada 10 pertama bulan Dzulhijjah. Adapun Ali bin Abu Thalib melarangnya (puasa qadha Ramadhan dilakukan 10 pertama Dzulhijjah). Pendapat Ali bin Abu Thalib dilandasi dari alasan bahwa qadha' Ramadhan di bulan Dzulhijjah itu meninggalkan fadhilah puasa sunnahnya.
Puasa Arafah 2021 bisa dilaksanakan tiap muslim yang mampu dan memenuhi syarat pada Senin (19/7/2021). Puasa yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah sehari sebelum hari raya IduI Adha ini punya keutamaan menghapus dosa.
Artinya: "Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Namun wajibnya ini terbentang luas hingga awal Ramadhan berikutnya," ujar Ustaz Adi Hidayat dilihat detikcom pada Minggu (18/7/2021). Ustaz Adi tidak menampik banyaknya peluang dan jangka waktu lama untuk menyelesaikan hutang puasa Ramadhan.
Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa Arafah yang memilikiluar biasa. Namun, sebagai muslimah ternyata masihpuasa Ramadhan, dan harus mengqadhanya. Bagaimana hukumnya melaksanakan puasa qadha Ramadhan ini bertepatan dengan waktu puasa Arafah?Salah satu keutamaan puasa Arafah dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Muslim bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضيةArtinya: "Puasa Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu" (HR Muslim).Lantas bagaimana dengan yangpuasa Ramadhannya pada hari Arafah?
Menurut Syaikh Zakaria Al-Anshari dalam kitab 'Asnal Mathalib', menjelaskan qadha puasa Ramadhannya tetap sah. Sedangkan dia sendiri tetap mendapatkan keutamaan yang didapat oleh mereka yang berpuasa dengan niat puasa sunnah Arafah.قَوْلُهُ وَصَوْمُ عَاشُورَاءَ أَفْتَى الْبَارِزِيُّ بِأَنَّ مَنْ صَامَ عَاشُورَاءَ مَثَلًا عَنْ قَضَاءٍ أَوْ نَذْرٍ حَصَلَ لَهُ ثَوَابُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ وَوَافَقَهُ الْأَصْفُونِيُّ وَالْفَقِيهُ عَبْدُ اللَّهِ النَّاشِرِيُّ وَالْفَقِيهُ عَلِيُّ بْنُ إبْرَاهِيمَ بْنِ صَالِحٍ الْحَضْرَمِيُّ وَهُوَ الْمُعْتَمَدُ (قَوْلُهُ صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ اُحْتُسِبَ عَلَى اللَّهِ إلَخْ) الْحِكْمَةُ فِي كَوْنِ صَوْمِ عَرَفَةَ بِسَنَتَيْنِ وَعَاشُورَاءَ بِسَنَةٍ أَنَّ عَرَفَةَ يَوْمٌ مُحَمَّدِيٌّ يَعْنِي أَنَّ صَوْمَهُ مُخْتَصٌّ بِأُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَاشُورَاءَ يَوْمٌ مُوسَوِيٌّArtinya: Puasa Asyura.
Imam Al-Barizi berfatwa bahwa orang yang berpuasa pada hari Asyura misalnya untuk qadha atau nadzar puasa, maka ia juga mendapat pahala puasa sunnah hari Asyura. Hikmah di balik ganjaran penghapusan dosa dua tahun untuk puasa sunnah Arafah dan penghapusan dosa setahun untuk puasa Asyura adalah karena Arafah adalah harinya umat Nabi Muhammad, yakni puasa sunnah Arafah bersifat khusus untuk umat Nabi Muhammad.
Sementara Asyura adalah harinya umat Nabi Musa.
Artinya, “Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim). Sementara Asyura adalah harinya umat Nabi Musa AS,” (Lihat Syekh Zakariya Al-Anshari, Asnal Mathalib, juz V, halaman 388). Artinya, “Di dalam Al-Kurdi terdapat nash yang tertulis pada Asnal Mathalib dan sejenisnya yaitu Al-Khatib As-Syarbini, Syekh Sulaiman Al-Jamal, Syekh Ar-Ramli bahwa puasa sunnah pada hari-hari yang sangat dianjurkan untuk puasa memang dimaksudkan untuk hari-hari tersebut. Tetapi orang yang berpuasa dengan niat lain pada hari-hari tersebut, maka dapatlah baginya keutamaan… Ia menambahkan dalam Kitab Al-I‘ab . Dari sana, Al-Barizi berfatwa bahwa seandainya seseorang berpuasa pada hari tersebut dengan niat qadha atau sejenisnya, maka dapatlah keduanya, baik ia meniatkan keduanya atau tidak,” (Lihat Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi, I‘anatut Thalibin , [Kota Baharu-Penang-Singapura, Sulaiman Mar‘i: tanpa catatan tahun], juz II, halaman 224).